SatuData InstagramDPMD Sulteng
WhatsApp

BPSDM Kemendes-DPMD Sulteng Gelar Bimtek Pembinaan Karir Jabatan Fungsional PSM

Waktu Baca 2 Menit

PPID Pelaksana PMD/RN

2024-06-18

52 Dilihat

google.com

PALU - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendes bekerjasama dengan Dinas PMD Sulteng menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pembinaan karir jabatan fungsional PSM wilayah sulawesi, maluku dan papua.

Kegiatan itu dilaksanakan di Aula BPKAD Sulteng, Jl Samratulangi, Kelurahan Besusu Barat, Kecamatan Palu Timur, Rabu (29/5/2024).

 

Pelaksanaan bimtek pembinaan karir jabatan fungsional PSM wilayah sulawesi, maluku dan papua dibuka langsung oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Rudy Dewanto.

 

Kata Rudy, pengelolaan jabatan fungsional merupakan salah satu upaya mewujudkan cita-cita Reformasi Birokrasi yakni, tata kerja yang lebih dinamis dan produktif.

Menurutnya, Pemerintah Daerah melalui Dinas PMD Sulteng telah aktif melakukan pembinaan JF PSM pada 12 Kabupaten dan Kota dengan jumlah sekitar 115 orang.

"Khusus untuk Sulteng JF PSM sebanyak 12 orang yakni, terdapat 9 orang JF PSM pada Dinas PMD, 3 orang Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi," ucapnya.

 

Peran JF PSM sangat diperlukan dalam pembangunan guna menghadapi tantangan pemberdayaan masyarakat desa.

Adapun peran itu diantaranya membangun sinergitas perencanaan pembangunan sampai tingkat desa dan mendampingi penyusunan APBD Desa.

 

Kemudian, pelaksanaan Musrenbang dan peningkatan status 151 Desa tertinggal yang menjadi sasaran pada tahun 2024.

"Saya berharap agar kesempatan ini dapat menjadi sarana untuk memperkuat peran serta jabatan fungsional PSM, sehingga peran JF PSM mampu memberikan kontribusi nyata serta menggunakan keahliannya untuk mendampingi masyarakat," ujarnya.

 

Diketahui, hadir dalam kegiatan itu Kepala BPSDM-PMDDTT, Kepala PPJF Kemendes, Kepala BPKAD Sulteng, Sekdis PMD Sulteng, Kepala BKD/BKPSDM Sulawesi, Maluku dan Papua serta pejabat terkait lainya.

Seberapa Bermanfaat Artikel Ini?

0
0