SatuData InstagramDPMD Sulteng
WhatsApp

Kadis PMD Sulteng Buka Bimtek Aparatur Pemerintahan Desa

Waktu Baca 2 Menit

PPID Pelaksana PMD/RN

2024-06-18

86 Dilihat

google.com

PALU - Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sulawesi Tengah (Sulteng) Muhamad Nadir membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Aparatur Pemerintahan Desa.

Kegiatan itu dibuka Kamis (06/06/2024) bertempat di Hotel Sultan Raja, Jl Abdurrahman Saleh, Kelurahan Birobuli Utara, Kecamatan Palu Selatan.

 

Adapun kegiatan Bimtek Apratur Pemerintahan Desa diikuti 38 orang Kepala Desa dari 3 Kabupaten yakni Kabupaten Touna, Morowali dan Morowali Utara.

Dalam kesempatan tersebut Nadir mengatakan kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam nawacita ketiga presiden yaitu membangun dari pinggiran (membangun desa).

 

Selanjutnya, Kadis mengatakan berdasarkan Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2016-2021 status desa di sulteng masih sangat rendah.

"Maka pemda sulteng merumuskan salah satu sasaran RPJMD tahun 2021-2026 yaitu meningkatkan penataan administrasi pemerintahan, kerjasama desa dan pemberdayaan lembaga kemasyarakatan desa serta lembaga adat desa dengan indikator capaian IDM," ucapnya.

"Pada hakikatnya bertujuan untuk mengentaskan desa sangat tertinggal dan desa tertinggal serta mendorong desa berkembang menjadi maju serta mandiri," tambahnya.

 

Menurut Nadir, RPJMD Sulteng bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan desa, meningkatkan status perkembangan menjadi Indikator Kinerja Utama (IKU) merujuk pada IDM baik pelaksanaan kegiatan maupun penetapan lokasi.

 

Kadis berharap, para peserta yang mengikuti bimtek agar memperhatikan materi yang diberikan demi meningkatkan kualitas dalam mengelola dana desa menjadi belanja desa yang berkualitas.

"Semoga kegiatan ini mampu meningkatkan pendapatan asli desa yang berdampak pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa," ujarnya.

Seberapa Bermanfaat Artikel Ini?

0
0