SatuData InstagramDPMD Sulteng
WhatsApp

Dirjen Bina Pemdes Tutup Pelatihan Aparatur Desa dan Kelembagaan Desa

Waktu Baca 2 Menit

Sekretariat DPMD Sulteng

2024-09-14

13 Dilihat

google.com

PALU - Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Mohamad Nadir menghadiri kegiatan Penutupan Pelatihan Aparatur Desa dan Kelembagaan Desa wilayah Sulawesi Tengah Tahun Anggaran 2024 bertempat di Hotel Santika, Jalan Moh. Hatta, Palu. Jumat (13/09/2024)

 

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri ini ditutup secara resmi oleh Direktur Jenderel Bina Pemerintahan Desa, Laode Ahmad P. Bolombo secara daring.

 

Laode Ahmad dalam sambutannya mengatakan pelatihan ini merupakan peningkatan kapasitas baik dari sisi kelembagaan, SDM, maupun kebijakan dalam rangka mendukung majunya pemerintahan desa sehingga pemerintahan desa dapat lebih ditingkatkan kualitas pelayanan dan kesejahteraan masyarakat yang tentu diawali peningkatan kapasitas perangkat desa itu sendiri. 

"Kepala desa, perangkat desa, pengurus kelembagaan desa bersama-sama meningkatkan kompetensinya punya integritas yang memadai" Ucapnya

 

Selanjutnya, ia mengatakan desa merupakan bagian dari pemerintah daerah dengan menghormati hak-hak lokal otonomi desa, kedepan akan dilakukan kombinasi perencanaan desa bisa sejalan dengan perencanaan daerah maupun perencanaan pembangunan nasional. 

"Ini juga tentu sudah menjadi program 5 tahun kedepan dimasukan ke rpjmn tahun 2024-2029,  Astacita yaitu salah satunya membangun dari bawah yakni dari pinggiran desa" Ujarnya.

 

Laode Ahmad mengapresiasi seluruh peserta pelatihan.  Ia berharap ilmu yang didapatkan selama pelatihan dapat menjadi bekal untuk diimplementasikan di desanya.

 

Gubernur dalam sambutannya yang dibacakan oleh Nadir mengatakan pelatihan ini memiliki peran penting dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan desa dan kesejahteraan masyarakat desa di sulawesi tengah. 

"Program ini bagus karena yang diperkuat pemerintah desa dengan kelembagaannya" Ucapnya.

 

Menurutnya, Pelatihan ini diharapkan mampu memberikan bekal kepada peserta dalam mengelola potensi desa. 

"Seperti bumdes, mantapkan bumdesnya apalagi kita dekat dgn IKN" Kata Nadir.

 

Selanjutnya, ia meminta agar pemerintahan desa dapat memantapkan perencanaan desanya dengan baik. 

“Pemerintah desa memiliki peranan dalam menggerakkan roda pembangunan ditingkat desa, oleh karena itu kemampuan manajerial serta inovasi sangat dibutuhkan” Pungkasnya. 
 

Seberapa Bermanfaat Artikel Ini?

0
0