SatuData InstagramDPMD Sulteng
WhatsApp

Kadis PMD Sulteng Hadiri Rakon TP-PKK Sulteng

Waktu Baca 2 Menit

PPID Pelaksana PMD/AL

2024-06-18

48 Dilihat

google.com

PALU – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sulawesi Tengah, Mohamad Nadir menghadiri Rapat Konsultasi (Rakon) Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2024, bertempat di Sriti Convention Hall. Selasa (23/04/2024)

 

Pada kegiatan ini Kadis PMD Sulteng berkesempatan sebagai narasumber menyampaikan materi tentang Pemanfaatan Dana Desa dalam Mendukung Pelaksanaan Program PKK berdasarkan Permendes No 7 Tahun 2023.

 

Nadir mengatakan bahwa PKK merupakan mitra pemerintah dalam kemajuan pembangunan yang bertujuan melaksanakan koordinasi dan menyinergikan program - programnya dengan program - program pemerintah daerah.

 

Kadis PMD Sulteng menjelaskan fokus penggunaan Dana Desa tahun 2024 diutamakan untuk mendukung Penanganan Kemiskinan Ekstrem, Program Ketahanan Pangan dan Hewani, Pencegahan dan Penurunan Stunting, serta Program Sektor Prioritas melalui BUMDesma.

 

Menurutnya, peningkatan keterlibatan POKJA PKK secara menyeluruh dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yakni melalui pelaksanaan 10 program pokok PKK.

“Untuk ketahanan pangan dan hewani merupakan tugas dan fungsi dari POKJA III, penanganan stunting tugas dari POKJA IV, sementara untuk akses layanan kesehatan dapat melalui optimalisasi Posyandu” ujarnya.

 

Selanjutnya, ia mengungkapkan prioritas penggunaan Dana Desa dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat sebagaimana diatur dan diurus oleh Desa berdasarkan kewenangan Desa sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Menteri dan diarahkan untuk percepatan pencapaian tujuan SDGs Desa.

“seluruh Tim PKK perlu bersinergi melakukan koordinasi dan menjalin komunikasi yang baik antar kader dan juga pemerintah daerah dalam hal menjalankan 10 program pokok PKK dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat” Ucapnya.

 

Pada akhir materi, Nadir berharap dalam menjalankan 10 Program Pokok PKK Sinergitas tetap dipertahankan bahkan terus ditingkatkan, terus menciptakan inovasi - inovasi dalam melaksanakan program atau kegiatan demi meningkatkan kinerja Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Tengah.

 

Turut hadir Wakil Gubernur Sulteng Ma’mun Amir, Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Tengah Vera Rompas Mastura, Wakil Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Tengah Hj. Halima Amir, para ketua TP PKK kabupaten/kota Se Sulteng, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Rony Hartawan, para kepala perangkat daerah, pimpinan Bank Sulteng, perwakilan Ketua Bhayangkari, serta perwakilan Persit.

Seberapa Bermanfaat Artikel Ini?

0
0