SatuData InstagramDPMD Sulteng
WhatsApp

PMD Sulteng Laksanakan Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi

Waktu Baca 2 Menit

PPID Pelaksana PMD/AL

2024-06-18

70 Dilihat

google.com

PETASIA - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) melaksanakan lomba desa dan kelurahan tingkat provinsi sulawesi tengah tahun 2024.

Lomba ini dilakukan sebagai upaya pembinaan kualitas Pemerintah Desa/Kelurahan guna peningkatan pelayanan masyarakat.

 

Tim Lomba Desa dan Kelurahan Provinsi Sulawesi Tengah melakukan penilaian kunjungan pertama di Desa Ungkea, Kecamatan Petasia Timur, Kabupaten Morowali Utara, selasa (14/05/2024)

 

Ketua Tim Penilai Emy mengatakan lomba desa/kelurahan tahun 2024 ini dilaksanakan di 10 Kabupaten/Kota yang ada di Sulteng.

Sementara, 3 Kabupaten lainnya yakni Parigi Moutong, Donggala dan Tojo Una-una tidak mencapai 100 persen penginputan data, sehingga tidak diikutsertakan dalam lomba desa/kelurahan tersebut.

"Jadi sebelum mengikuti lomba desa/kelurahan itu, harus melaksanakan evaluasi diri, ada aplikasi yang mereka isi dan itu langsung ke pusat, yang tidak mencapai 100 persen tidak bisa dinilai" ucapnya.

 

Menurut Emy, tahapan evaluasi diri itu sudah dilakukan sejak Januari hingga Februari 2024. Adapun pemenang lomba desa akan diumumkam pada bulan Agustus 2024.

Lebih lanjut, pelaksanaan lomba desa/kelurahan hingga proses penilaian dilakukan sesuai Permendagri Nomor 81 Tahun 2015.

 

Kata Emy, tahun 2024 ini adalah tahun ke-7 diimplementasikan perlombaan tersebut.

"Perlombaan desa ini merupakan pendorong bagi desa/kelurahan untuk memberikan kemajuan, kemandirian dan keberlanjutan pembangunan," ujarnya.

"Desa/kelurahan merupakan pondasi pembangunan nasional kita, maka pemerintah desa/kelurahan harus terus dikuatkan sehingga bisa kuat, mandiri dan berdaya saing menuju indonesia emas tahun 2045," Lanjutnya.

 

Dia berharap, lomba desa ini bisa mengidentifikasi masalah-masalah yang ada dilapangan sekaligus mencari solusi.

"Semoga kedepannya penilaian perlombaan desa/kelurahan dapat makin optimal dari tahun ke tahun," Tuturnya.

Seberapa Bermanfaat Artikel Ini?

0
0