SatuData InstagramDPMD Sulteng
WhatsApp

PMD Sulteng Laksanakan Rakor Pelestarian Gotong Royong dan Sosialisasi Germas di Touna

Waktu Baca 2 Menit

PPID Pelaksana PMD/AL

2024-06-18

44 Dilihat

google.com

AMPANA - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sulawesi Tengah laksanakan Rapat Koordinasi Pelestarian Nilai-Nilai Gotong Royong Masyarakat dan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Tingkat Provinsi, bertempat di Aula Kantor Kecamatan Ampana Tete, Ampana. Selasa (21/05/2024)

 

Kegiatan ini dibuka oleh Pejabat Sekretaris Daerah Kabupaten Tojo Una-Una sekaligus Kepala Dinas PMD Kabupaten Tojo Una-Una, Alimudin Muhamad.

 

Pj. Sekda Touna dalam membacakan sambutan Kepala Dinas PMD Sulteng mengatakan sesuai Peraturan Dalam Negeri nomor 18 tahun 2018 tentang lembaga kemasyarakatan desa dan lembaga adat desa bahwa salah satu fungsi utama dari lembaga kemasyarakatan desa adalah sebagai mitra pemerintah desa yang menggerakkan prakarsa, partisipasi, swadaya, serta gotong royong masyarakat desa guna mendukung pencapaian pembangunan nasional.

"Dalam upaya tetap melestarikan nilai-nilai gotong royong masyarakat, dinas pmd berinisiatif melakukan pertemuan sebagai bagian dalam penguatan kapasitas LKD" Ucapnya

 

Lanjutnya, ia mengatakan sesuai surat direktur jenderal bina pemerintahan desa nomor 411/3019/bpd tanggal 14 juni 2022 tentang petunjuk pelaksanaan kegiatan gotong royong masyarakat (BBGRM) di daerah, bahwa pelaksanaan BBGRM di tingkat daerah merupakan kewenangan daerah.
"sehingga tahun ini difokuskan mendukung penurunan angka stunting dan pelaksanaan program germas di sulawesi tengah" Ujar Alimudin

 

Menurutnya, memberdayakan lembaga kemasyarakatan desa dan kader pembangunan manusia untuk membantu kerja pemerintah desa secara gotong royong.

"Melalui kegiatan ini kita akan merumuskan perencanaan yang baik dalam upaya menurunkan angka stunting dan mengoptimalkan pelaksanaan germas di kabupaten tojo una-una khususnya kecamatan ampana tete" Ucap Alimudin.

 

Dalam kesempatan ini, kadis mengajak kepada seluruh jajaran pemerintah desa untuk dapat bersinergi memaksimalkan peran lembaga kemasyarakatan desa agar dapat terealisasikan dengan optimal di kehidupan masyarakat.

"Semua ini harus kita dukung dari desa serta lembaga kemasyarakatan desa yang merupakan salah satu ujung tombak pelaksana membantu kerja pemerintah desa" Pungkasnya.

 

Hadir pada kegiatan Kepala Bidang Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan PMD Sulteng, Sekretaris Dinas PMD Kabupaten Tojo Una-una, Camat Ampana Tete, Kepala Desa se Kecamatan Ampana Tete, serta Pengurus LKD se Kecamatan Ampana Tete.

Seberapa Bermanfaat Artikel Ini?

0
0